Masjid Raya Ganting: Masjid Tertua di Kota Padang yang Kaya Nilai Historis

Source: beritagar.id

Transformasi - Masjid paling tua melegenda di Kota Padang itu diberi nama masjid Raya Ganting. Ada juga yang menyebut serta melafalkan dalam bahasa Minangkabau dengan masjid Gantiang. Masjid bersejarah ini berada di Ganting, Kota Padang, Sumatra Barat.

Masjid bergaya arsitektur Neoklasik Eropa ini mulanya dibangun tahun 1805. Lima tahun kemudian semenjak peletakan batu pertama, tepatnya tahun 1810 pembangunan masjid Raya Ganting rampung. Dan kini, masjid Raya Ganting telah dicatat menjadi cagar budaya,namun tetap difungsikan untuk aktivitas ibadah umat Islam.

Sejak awal berdirinya, masjid Raya Ganting menjadi central pergerakan dakwah Islam di Sumatra, pun berperan dalam perjuangan kemerdekaan. Masjid ini pernah menjadi titik embarkasi haji yang pertama kali di Sumatra. Seiring berjalannya waktu, dakwah semakin berkembang dengan didirikannya sekolah Thawalib oleh Abdul Karim Amrullah. Hal mana para alumnus sekolah tersebut turut andil mempelopori terbentuknya partai Islam pertama, yaitu Masyumi.

Pada perjalanannya, masjid Raya Ganting telah banyak mengarungi catatan-catatan peristiwa. Tentu saja, masjid ini masih berdiri menjadi saksi perjuangan Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan. Sejumlah catatan dan peristiwa penting akan kami paparkan berikut.

Selamat dari Gempa dan Tsunami
Sejarah mencatat, tsunami pernah menerjang Kota Padang pada tahun 1833, tak terkecuali masjid Raya Ganting. Kabarnya, menurut takmir masjid, gelombang tsunami saat itu tidak sampai merobohkan masjid bersejarah ini. Hanya saja, kerusakan tetap melanda lantai masjid yang mengharuskan dilakukan perbaikan dan penggantian.

Selamat dari terjangan tsunami tahun 1833, namun masjid Raya Ganting tak mampu menahan getaran gempa bumi tahun 2019. Akibatnya, berkisar 80 persen tiang masjid runtuh. Beruntung pasca bencana hebat itu, ada dermawan yang memberikan bantuan untuk perbaikan masjid.

Tempat pengungsian Ir. Soekarno
Masjid Raya Ganting pernah dipijaki presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Datangnya Bung Karno ke Bumi Padang bukanlah kunjungan formal. Hal mana sekelumit kisah menyertai kedatangan sang proklamator.

Saat itu, Ir. Soekarno menjadi tahanan Belanda di Bengkulu, yang kemudian diungsikan ke Kutacane. Tetapi, baru sampai di Painan, ternyata bala tentara Jepang sudah terlebih dahulu menduduki Bukittinggi. Alhasil, Belanda memutar otak dan mengubah rencana dengan meninggalkan Bung Karno di Painan.

Mengetahui kabar tersebut, gerakan kepanduan Hizbul Wathan yang bermarkas di ganting menjemput Soekarno. Setibanya di Padang, Soekarno tinggal sementara waktu di rumah salah seorang pengurus masjid Raya Ganting. Soekarno pun pernah memberikan pidato di masjid bersejarah ini.

Kunjungan Para Tokoh Bangsa
Soekarno tak hanya sekali menginjakkan kaki di Masjid Raya Ganting. Pasca kemerdekaan, Bung Karno kembali berkunjung ke tempat pengungsiannya dulu sebagai seorang Presiden Indonesia. Dan semenjak tahun 1950, masjid ini kian ramai didatangi oleh pejabat negara, dari dalam juga luar negeri.

Sebut saja, Moehammad Hatta (Wakil Presiden pertama Indonesia), Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Jenderal Abdul Nasution, Achmad Syaikhu pimpinan DPR Ri, dan juga menteri kabinet lainnya. Selain dari dalam negeri, beberapa tokoh dari Mesir, Saudi Arabia, dan juga turis mancanegara berkunjung ke Masjid Raya Ganting.

Nah, bagi anda para story teller, traveller, dan sejarawan, jangan lupa berkunjung ke masjid Raya Ganting yang kaya akan nilai historis ini. Anda yang berada di Sumatera, mungkin bisa menempunya dengan kendaraan pribadi atau transportasi lokal. Namun bagi anda yang dari luar pulau, tiket pesawat ke Padang perlu disiapkan.

Beruntung, kian majunya teknologi dan informasi, memesan tiket pesawat semudah memencet remot televisi. Cukup di genggaman, melalui aplikasi di Smartphone, segala destinasi tiket perjalanan siap dipesan. Tanpa ribet, tanpa macet, eh, tanpa antre pula.

Dari banyaknya penyedia tiket, Pegipegi menjadi pilihan paling rekomended. Pasalnya, rute, destinasi, dan segala jenis maskapai penerbangan tercantum lengkap di aplikasi. Apalagi di pegipegi banyak promo tiket pesawat yang akan menghemat biaya perjalanan anda.

Lagi, enaknya pesan tiket pesawat dengan Pegipegi, fitur pembayarannya lengkap dan mudah. Anda bisa memilih membayar dengan internet banking, mobile banking, transfer ATM, pun dengan cash ke Swalayan yang telah menjalin kerjasama dengan Pegipegi, seperti Indomaret dan Alfamart.

Setelah tiket pesawat murah ke Padang sudah disiapkan. Jangan lupa siapkan pula alat tulis dan kamera untuk mengabadikan momen berkunjung ke masjid Raya Ganting yang melegenda di Kota Padang.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.