Tips Menghilangkan Bau Badan Secara Alami


Menghilangkan bau badan secara alami memang direkomendasikan untuk Anda yang memiliki masalah kelebihan keringat. Sebenarnya produksi keringat sangat baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Namun, keringat yang berlebihan dan dibiarkan melekat pada kulit selama berjam-jam bisa memicu bau tidak sedap. 

Tubuh memproduksi kalenjar aprokin yang umum berada di daerah lipatan seperti ketiak. Kalenjar akan bereaksi dengan bakteri yang berperan dalam proses pembusukan sehingga menciptakan aroma tak sedap. 

Untuk menghilangkan aroma badan yang tak sedap secara berlebihan tersebut, Anda bisa mencoba membuat ramuan tradisional yang efektif hilangkan bau badan lho! Apa saja? Yuk, simak 5 rekomendasi bahan alami berikut ini!

1. Bunga Rosemary
Bunga yang memiliki bentuk daun seperti duri, bunga berwarna ungu kebiruan dan memiliki aroma wangi ini telah banyak dibudidayakan di Indonesia. Bunga ini tak hanya cocok dijadikan aromaterapi namun sering pula diaplikasikan pada jenis makanan atau teh.

Anda bisa menggunakan ramuan tradisional dari bahan rebusan bunga rosemary yang megandung minyak atsiri. Campurkan air rebusan bunga rosemary ke dalam bak mandi dan gunakan setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan minyak bunga rosemary langsung ke ketiak.

2. Cuka apel
Tak hanya bisa digunakan sebagai bahan tambahan memasak, cuka apel juga bisa dijadikan bahan penghilang bau badan secara alami lho! Asam asetat yang terkandung pada cuka apel bisa berfungsi menjadi antimikroba dan efektif menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan tak sedap. 

Cukup oleskan cuka apel pada ketiak menggunakan kapas dan diamkan selama 15 menit. Bilas hingga bersih sebelum Anda mandi setiap hari.

3. Daun jambu biji
Daun jambu biji juga dikenal sebagai ramuan tradisional yang bisa menghilangkan bau badan. Anda bisa memanfaatkan kandungan mineral dan anti bakteri pada daun jambu biji yang efektif membasmi kuman bau badan. Caranya cukup tumbuk halus 3 lembar daun jambu biji dan oleskan pada ketiak. Bilas dengan bersih setelah mendiamkan ramuan ini selama kurang lebih 15 menit.

4. Daun Sirih
Siapa yang tidak mengenal khasiat daun sirih yang banyak digunakan sebagai bahan pembersih organ vital? Ya, daun sirih mengandung niacin, vitamin C, karoten, tiamin dan riboflavin yang efektif menghilangkan bau keringat berlebihan. Anda bisa merebus beberapa lembar daun sirih dengan dua gelas air saja.

Campurkan air rebusan daun sirih tersebut ke bak mandi dan gunakan mandi secara rutin untuk hasil maksimal. Selain itu, ada pula cara yang direkomendasikan menggunakan ramuan daun sirih yaitu mengkonsumsinya sebagai jamu tradisional berkhasiat.

5. Daun Beluntas
Daun beluntas merupakan tanaman liar yang sering ditemukan tumbuh di halaman rumah, pagar tanaman atau sekitar pantai. Anda bisa menggunakan tanaman ini untuk menghilangkan aroma tidak sedap yang menguar.

Pasalnya, beluntas mengandung minyak atsiri, vitamin A, vitamin C, asam amino, natrium, lemak, tannin dan lain-lain. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun beluntas hingga matang, lalu minum ramuan tradisional ini secara rutin minimal dua kali sehari. 

Tentu masih ada banyak bahan alami yang berkhasiat mengatasi bau tidak sedap seperti daun kemangi dan temulawak. Selain menggunakan bahan tradisional, Anda juga bisa mempraktikkan gaya hidup sehat seperti rajin mandi dua kali sehari, minum air putih, mencukur bulu halus di bagian ketiak dan selangkangan, menghindari jenis makanan penyebab bau badan dan sebagainya. Jangan lupa untuk mengaplikasikan deodorant berbahan alami yang lebih praktis dan ampuh menghilangkan bau badan berlebihan ya!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.