Resep Membuat Es Krim Menggunakan Susu Sapi


Transformasi - Siapa yang tidak suka es krim? Tampaknya semua orang menyukainya. Mulai dari es krim kemasan, sampai es krim buatan rumahan yang memang memiliki rasa dan kualitas baik. Es krim juga digemari oleh banyak orang dari berbagai usia. Mulai dari anak-anak, sampai dengan para orang tua yang menyukainya.

Kebanyakan es krim dibuat dengan menggunakan krim dan juga telur yang banyak. Ini banyak ditemukan dalam es krim pabrikan. Memang, kedua bahan tersebut memang membuat rasa dari es krim terasa lebih creamy dan juga enak. 

Hanya saja, kandungan tersebut tidak terlalu sehat jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan waktu yang sering. Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan menggantinya dengan menggunakan bahan utama susu sapi, dibandingkan dengan bahan-bahan tersebut. 

Dengan menggunakan susu sapi juga bukan tidak menutup kemungkinan untuk mengkreasikannya dengan menggunakan bahan lain. Kita masih bisa menggunakan bahan lainnya untuk menambah varian rasa dari es krim.


Baca juga: 4 Rekomendasi Laptop Mode Gaming Terbaru 

Kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan yang mudah didapatkan di pasaran. Berikut ini adalah cara membuat es krim dengan menggunakan susu sapi.

Bahan yang dibutuhkan


4 cup susu sapi (1000 ml)

1 cup gula (200 gr)

8 Sdm Maizena
1 sendok teh ekstrak vanila
Perisa makanan
 
Cara Membuat:
1. Campurkan susu sapi, gula, maizena, dan vanila ke dalam wadah sedang. Pastikan mengukur jumlah bahan, dan masukkan seluruhnya ke dalam mangkuk. Gunakan sendok besar untuk mengaduk bahan-bahan tersebut. Aduk terus sampai gula telah larut.

2. Masukkan campuran tersebut ke dalam mesin pembuat es krim. Jika kita memiliki mesin tersebut, masukkan ke dalamnya, dan mulai proses pembuatan es krim. Prosesnya biasanya memakan waktu hingga 20 menit untuk membuat es krim ke dalam bentuk yang diinginkan. Setelah selesai, masukkan es tersebut ke dalam wadah seperti tupperware, lalu simpan dalam freezer.
loading...

3. Jika kita tidak memiliki mesin pembuat es krim, kita bisa memasukkan campuran ke dalam wadah rendah yang aman untuk dimasukkan ke dalam freezer. Setelah memasukannya, kita bisa menyimpannya di dalam freezer.

4. Aduk campuran setiap dua hingga empat jam sekali. Konsistensi dari es krim akan bisa meningkat setiap dua hingga empat jam, lalu simpan kembali ke dalam freezer. Jika menggunakan mesin pembuat es krim, aduk setiap empat jam. Jika tidak menggunakan mesin pembuat es krim, aduk setiap dua hingga empat jam setelah kristal es mulai terbentuk.

5. Bekukan campuran selama 8 jam atau semalaman. Setelah sekitar delapan jam, es krim akan beku sepenuhnya. Ia juga akan memiliki konsistensi seperti es krim yang biasa kita konsumsi di pasaran. 

6. Es krim bisa dinikmati. Kita juga bisa menambahkan topping seperti saus cokelat, kacang-kacangan, buah seperti pisang, strawberry, cherry, dll. Jika ada sisa, masukkan kembali ke dalam freezer.

Sebagai tambahan, kita bisa mengganti susu sapi dengan susu sapi rasa cokelat yang banyak dijual di pasaran. Dengan begitu, kita bisa membuat es krim rasa cokelat. Kita juga bisa menggunakan perisa lainnya. Seperti perisa strawberry, pisang, mint, dan rasa-rasa lainnya. 

Dengan begitu, es krim yang kita buat bisa lebih memiliki varian rasa, dan semakin banyak disukai banyak orang. Kita juga bisa memberikan variasi dengan menggunakan selai buah seperti strawberry, blueberry, atau nanas untuk menambah rasa.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.